PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEBANGSAAN

Categorie(s):
   Pendidikan Ekonomi
Author(s):
   Mahatma
Keyword(s):
  Kemampuan numerik, jurnal penyesuaian akuntansi
DOI:
 
Abstract :
  
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan numeric terhadap kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi. Sebanyak 48 siswa kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan Kebangsaan dipilih sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan numerik dan tes kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori (F(oA) = 6.86 > F tabel = 4,06), (2) terdapat pengaruh interaksi langsung positif yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi (F(oAB) = 25.94 > F tabel = 4,06), (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, prestasi kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori (thit = 4.27 > ttabel = 1.68). (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, tidak terdapat perbedaan rata-rata prestasi kemampuan membuat jurnal penyesuaian akuntansi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori (thit = 0.57 < ttabel = 1.68).
 
ISSN:
  2541 - 2949
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi