PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP AL-IKHLAS BEKASI

Categorie(s):
   Pendidikan Ekonomi
Author(s):
   Margy Sutraningrum, Supriyadi, Nadia Rista
Keyword(s):
  Media pembelajaran, power point, hasil belajar
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Al Ikhlas, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif komparatif (eksperimen). Metode eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap perlakuan yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Al Ikhlas Bekasi yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu terbagi menjadi dua kelas dari kelas VIII.1 yang akan menjadi kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII.2 sebagai kelas control sebanyak 30 siswa. Kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran power point dan kelas kontrol menerapkan media pembelajaran konvensional. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif komparatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: Berdasarkan hasil analisis data bahwa diperoleh dari perhitungan uji t test diperoleh angka sebesar 0,000 < 0,05, atau Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan teruji oleh data dan dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media konvensional, sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran power point berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Al Ikhlas, Bekasi.
 
ISSN:
  2541 - 2949
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi