PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP AL-IKHLAS BEKASI

Categorie(s):
   Pendidikan Ekonomi
Author(s):
   Desy Anggreini, Supriyadi, Nadia Rista
Keyword(s):
  Minat Belajar, Prestasi Belajar
DOI:
 
Abstract :
  
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Al Ikhlas, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 84 siswa di SMP AL-Ikhlas Bekasi. Data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi Y dan X sebesar Y = 48,769 + 0,445 X. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan anova sederhana. Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh dari tabel model summary. Terlihat pada baris pertama koefisien korelasi (r xy) = 0,242 dan F hit (F change) = 27,558, dengan p-value = 0,000 < 0,05. Hal ini bearti Ho ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi dari tabel di atas terlihat pada baris ke-2, yaitu R Square = 0,242, yang mengandung makna bahwa 24,2 % variasi variabel Prestasi Belajar IPS dapat dipengaruhi oleh Minat Belajar. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat belajar, hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi Y = 48,769 + 0,445 X artinya skor Y dapat diprediksi melalui persamaan linier tersebut diatas. Dari hasil analisis t hit = 5.250 dan p-value = 0,000/2 = 0 < 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian. Minat belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar.
 
ISSN:
  2541 - 2949
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi