PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA BEKASI
Categorie(s):
Pendidikan Ekonomi
Author(s):
Ayu Milawati, Supriyadi, Ayu Nurul Amalia
Keyword(s):
Intensitas Penggunaan Internet, Prestasi Belajar
DOI:
Abstract :
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Huda Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Bekasi.
Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 42 siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Bekasi. Data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi Y dan X sebesar Y = 46,231+ 0.877X. Hal ini dapat dilihat dari anova sederhana. Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh dari table model summary. Terlihat pada garis pertama koefisien korelasi korelasi (r xy) = 0, 927 dan F hit (F change) = 0.508 dengan p-value = 0.000< 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah signifikan.Sedangkan koefisien determinasi dari tabel di atas terlihat pada baris ke-2, yaitu R Square = 0.927, yang mengandung makna bahwa 92,7% variasi variabel prestasi belajar Ekonomi dapat dipengaruhi oleh Intensitas Penggunaan Internet.
ISSN:
2541 - 2949
eISSN:
2541 - 2949
Description:
Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi