Pengaruh Saluran Distribusi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Balai Pustaka (Persero) Jakarta

Categorie(s):
  
Author(s):
   Joni Tesmanto
Keyword(s):
  Saluran Distribusi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen
DOI:
 
Abstract :
  
Strategi pemasaran merupakan ujung tombak sebuah perusahaan dan sangat menunjang serta memperlancar proses peningkatan hasil penjualan produk kemasan tersebut. Kualitas pelayanan yang baik dan profesional suatu rangkaian untuk mewujudkan tingkat kepuasan konsumennya. Kepuasan konsumen merupakan pencerminan keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk kemasan yang telah dihasilkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara bersama-sama apakah ada pengaruh variabel Saluran Distribusi (X1) dan Kualitas pelayanan (X2) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) pada PT. Balai Pustaka (Persero) Jakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam sampel tersebut. Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Hasil analisa korelasi variabel Saluran Distribusi (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dinyatakan ada pengaruh positif dengan nilai sebesar 0,917 atau 84,1%, hal ini ada pengaruh sangat kuat. Hal ini perlu di buktikan dengan uji hipotesis antara variabel Saluran Distribusi (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) diperoleh nilai to = 4,693 > t0,05 (70) = 1,669, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh signifikan. Begitu juga variabel Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dinyatakan ada pengaruh positif diperoleh nilai sebesar 0,944 atau 89,1%, hal ini menunjukkan ada pengaruh sangat kuat, hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh nilai uji to = 8,001 > t0,05 (70) = 1,669, maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan ada pengaruh signifikan. Secara bersama-sama ada pengaruh positif dan sangat kuat antara variabel Saluran Distribusi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,958 dan R Square 0,917 atau tingkat pengaruhnya sebesar 91,7%. Hal ini perlu dibuktikan dengan uji Fhitung diperoleh nilai sebesar 381,303 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel dengan df = 71 dan nilai Ftabel sebesar 2,740 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan secara bersama-sama variabel Saluran Distribusi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) berpengaruh signifikan.
 
ISSN:
  2541 - 2949
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi