PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MANAJEMEN PRODUKSI MAHASISWA DI POLITEKNIK TRIMITRA KARYA MANDIRI

Categorie(s):
  
Author(s):
   Jajat Sudrajat
Keyword(s):
  Kecerdasan emosional, Manajemen Produksi
DOI:
 
Abstract :
  
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MANAJEMEN PRODUKSI MAHASISWA DI POLITEKNIK TRIMITRA KARYA MANDIRI Jajat Sudrajat Program Studi Teknologi Elektronika, Politeknik Trimitra Karya Mandiri jajat.sudrajat0371@gmail.com ; jajat@tmkm.ac.id Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kecerdasan emosional (X) terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen produksi mahasiswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian berjumlah 87 mahasiswa. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar mata kuliah manajemen produksi sebesar 0,887, dan kecerdasan emosional sebesar 0,815. Analisis data yang digunakan adalah anasis regresi sederhana. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Regresi Linear Regresi. Diperoleh persamaan linear Y = -32,323 + 0,432X artinya skor Y dapat diprediksi melalui persamaan linear tersebut diatas. (2) Kecerdasan emosional mahasiswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen produksi. (3) Uji signifikansi persamaan persamaan garis regresi diperoleh dari baris regression kolom ke-5, yaitu Fhit dan p-value lebih kecil dari 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau kecerdasan emosional mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen produksi. (4) Uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh dari tabel Model Summary. Terlihat pada baris pertama koefisien korelasi (rxy) = 0,741 dan Fhit (Fchange) = 2.121,672, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Hal ini bearti Ho ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah bearti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi dari tabel di atas terlihat pada baris ke-2, yaitu R Square = 0,854, yang mengandung makna bahwa 85,4 % variasi variabel hasil belajar mata kuliah statistic dasar. Kata kunci: Kecerdasan emosional, Manajemen Produksi
 
ISSN:
  2541 - 2949
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi