PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KUPUASAN LAYANAN MAHASISWA DI STIMA IMMI

Categorie(s):
  
Author(s):
   Zaharuddin
Keyword(s):
  Kepuasan Layanan Mahasiswa Kualitas Pelayanan Akademik
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh Kepuasan Layanan Mahasiswa (X) terhadap Kualitas Pelayanan Akademik (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian berjumlah 35 mahasiswa. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Regresi Linear Regresi. Diperoleh persamaan linear ganda Y = 92,771 + 0,740 X artinya skor Y dapat diprediksi melalui persamaan linear tersebut diatas. (2) Dari hasil analisis didapat Kualitas Layanan Akademik berpengaruh terhadap Kepuasan Layanan Akademik, hal ini dapat dilihat pada table coefficient dari thit dan p-value lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu dapat diinterpretasikan Kualitas Layanan Akademik berpengaruh positif terhadap Kepuasan Layanan Akademik. Dengan demikian hipotesis kerja dalam penelitian ini didukung oleh data empiris. (3)Uji signifikansi persamaan persamaan garis regresi diperoleh dari baris regression kolom ke-5, yaitu F hit dan p-value lebih kecil dari 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau Kepuasan Layanan Akademik berpengaruh terhadap Kualitas Layanan Akademik. (4)Uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh dari tabel Model Summary. Terlihat pada baris pertama koefisien korelasi korelasi (rxy) = 0,996 dan F hit (Fchange) = 12509,9, dengan p- value = 0,000 < 0,05.Hal ini bearti Ho ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah bearti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi dari tabel di atas terlihat pada baris ke-2, yaitu yaitu R Square = 0,993, yang mengandung makna bahwa 99,3 % variasi variabel Kualitas Layanan Akademik.
 
ISSN:
  2541 2949
eISSN:
  -
Description:
  -